LKS KOOPERATIF

LEMBAR KERJA SISWA

(LKS – 1)

Tanggal : … November 2010

 

 

Nama                 : …………………………………

Kelas                  : …………………………………

Petunjuk Kerja :

  1. Tulislah nama dan  kelas sebelum mulai bekerja.
  2. Sebelum mengerjakan LKS ananda diharapkan telah mempelajari bacaan yang diberikan.
  3. Kerjakan LKS pada tempat yang telah ditentukan.
  4. Setiap anggota kelompok harus membuat laporan hasil diskusi secara individu.
  5. Setelah berdiskusi wakil kelompok akan mempresentasikannya di depan kelas.
  6. Waktu yang diberikan ± 30 menit.

Pada pelajaran hari ini kita akan mengungkap bagaimana menemukan rumus untuk mencari luas sebuah trapesium, Ananda tentu sering menjumpai bangun trapesium disekitarmu, seperti atap rumah, bentuk dinding sebuah bangunan dan masih banyak lagi contoh bangun trapesium yang ananda jumpai. Sekarang bersama dengan kelompokmu mari bersama-sama mengungkap dunia bangun datar pada Matematika.

LANGKAH KERJA :

  1. Gambarlah 2 buah persegi panjang pada kertas millimeter, dengan ukuran panjangnya 9 satuan, lebar 6 satuan dan berilah nama pada setiap titik sudutnya.

 

 

 

                 
                 
                 
                 
                 
                 

 

 

  1. Bagilah 2 buah persegi panjang tersebut pada sisi atas dan sisi bawahnya dengan ketentuan sebagai berikut :
    1. Pada sisi atas dari titik D geser 4 satuan ke kanan sehingga diperoleh sebuah titik dan namakan titik itu titik E
    2. Pada sisi bawah dari titik A geser 5 satuan ke kanan sehingga diperoleh sebuah titik dan namakan titik itu titik F
    3. E

      Hubungkan titik E dan F sehingga terbentuklah garis EF ditengah-tengah persegi panjang.

 

                 
                 
                 
                 
                 
                 

F

  1. Dari gambar bangun yang telah dibagi, ambil 1 buah persegi panjang kemudian guntinglah pada garis EF sehingga membagi trapesium menjadi 2 bahagian yang sama.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Sekarang, ambilah salah satu bangun trapesium dan ambil juga sebuah persegi panjang yang masih utuh tadi, dan lakukan langkah-langkah berikut :
    1. E

      Bandingkan

 

                 
                 
                 
                 
                 
                 

 

?

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. 1 buah trapesium ternyata berasal dari bangun persegi panjang yang dibagi menjadi . . . . bagian
  2. Sehingga Luas persegi panjang yang dibagi 2 akan membentuk sebuah ………
  3. Mari Kita Menganalisa sisi kedua bangun !!!!

Sisi AB = Sisi CD= Panjang pada persegi panjang

Sisi  AD= Sisi …  = ……….. pada persegi panjang

Sisi AB = Sisi AF + Sisi . . . . pada persegi panjang

Sisi AB sejajar sisi DC pada persegi panjang

Sisi AD sejajar sisi …  pada persegi panjang

Sisi AD = tinggi pada Trapesium

Jadi, Lebar pada Persegi panjang = ………. Pada trapesium

Sisi DE = Sisi Atas pada trapesium

Sisi AF = Sisi …… pada trapesium

Sisi AF = sejajar sisi …. . pada trapesium

Jadi pada trapesium sisi AF dan sisi DE adalah sepasang sisi yang . . . . . . .

Yaitu sisi bawah dan sisi …….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Sekarang, Marilah kita coba Mulai menentukan bagaimana rumus untuk menentukan luas trapesium, tapi satu hal yang harus ananda ingat bahwa luas trapesium berasal dari Luas persegi panjang, Ananda siap untuk merumuskan?????,,, Ayoooo Mulaii

 

Luas Persegi Panjang =     Panjang                            x ………………….

=     Sisi AB                            x Sisi  . . . . . . . . . .

=     ( Sisi AF + Sisi ……… ) x Sisi . . . . . . . . . . .

 

Karena Luas Trapesium adalah Luas Persegi Panjang yang telah dibagi 2, maka :

Luas Trapesium           =

=

=

=

Jadi Luas Trapesium =

 

 

Contoh Soal : Tentukanlah Luas Bangun trapesium pada gambar di bawah ini !

 

               

Sisi atas = ….. satuan

Sisi bawah = ….. satuan

Jumlah sisi sejajar = …… satuan

Tinggi =……..

Luas Trapesium =

=

= = …… satuan

Jadi luas trapesium = ….. satuan

 

                 
                 
                 
                 
                 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR KERJA SISWA

(LKS – 2)

Tanggal : … November 2010

 

Nama                 : …………………………………

Kelas                  : …………………………………

 

Petunjuk Kerja :

  1. Tulislah nama dan  kelas sebelum mulai bekerja.
  2. Sebelum mengerjakan LKS ananda diharapkan telah mempelajari bacaan yang diberikan.
  3. Kerjakan LKS pada tempat yang telah ditentukan.
  4. Setiap anggota kelompok harus membuat laporan hasil diskusi secara individu.
  5. Setelah berdiskusi wakil kelompok akan mempresentasikannya di depan kelas.
  6. Waktu yang diberikan ± 30 menit.

Materi

Kamu tentu masih ingat dengan rumus luas trapesium yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya…???

Sekarang kita akan mencoba mencari luas trapesium dengan menggunakan rumus luas trapesium di atas …!!!

 

Langkah Kerja

 

  1. Amatilah Gambar trapesium berikut, dan cobalah tentukan luas bangun tersebut !

 

                     
                     
                     
                     
                     
                     
                     

 

Jadi Luas Trapesium diatas adalah : … . satuan

 

 

 

 

  1. Jika sebuah trapesium siku-siku memiliki ukuran tinggi 5 kotak satuan, dan panjang sisi-sisi sejajarnya 8 satuan luas dan 6 satuan luas,
    1. Cobalah Ananda gambarkan Bentuk trapesium tersebut pada tempat yang telah disediakan
    2. Hitunglah luasnya !
                     
                     
                     
                     
                     
                     
                     

 

 

Jadi Luas Trapesium diatas adalah : … . satuan

 

 

 

  1. Pak Johanes memiliki sebidang tanah di daerah Pegunungan yang berbentuk Trapesium sama kaki. Panjang sisi sejajar tanah tersebut adalah 11 m dan 9 m, Jika lebar tanah tersebut adalah 5 m.
    1. Gambarlah sketsa tanah tersebut pada kertas yang disediakan. ( Anggaplah 1 kotak = 1 m )
    2. Hitunglah luas tanah Pak Johanes !

 

                                 
                                 
                                 
                                 
                                 
                                 
                                 
                                 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Dalam rangka Hari kemerdekaan Republik Indonesia , Warga Kelurahan Pasar Usang akan mengecat Gapura yang berbentuk Trapesium sama kaki yang panjang sisi sejajar atap gapura tersebut adalah 7m dan 5m, sedangkan jarak antara kedua sisi trapesium tersebut adalah 4m. Berapa luas atap gapura yang akan dicat oleh warga Kelurahan Pasar Usang tersebut?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selamat Bekerja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR KERJA SISWA

(LKS – 3)

Tanggal : … November 2010

 

Nama                 : …………………………………

Kelas                  : …………………………………

Petunjuk Kerja   :

  1. Tulislah nama dan  kelas sebelum mulai bekerja.
  2. Sebelum mengerjakan LKS ananda diharapkan telah mempelajari bacaan yang diberikan.
  3. Kerjakan LKS pada tempat yang telah ditentukan.
  4. Setiap anggota kelompok harus membuat laporan hasil diskusi secara individu.
  5. Setelah berdiskusi wakil kelompok akan mempresentasikannya di depan kelas.
  6. Waktu yang diberikan ± 30 menit.

 

 

 

 

 

 

but

 

 

 

 

 

Mari belajar menemukan…..

Ayo lengkapi titik-titik yang ada di bawah ini!!!

Amatilah secara bersama-sama alat peraga “Puzzle Ajaib” yang ada di meja kelompok masing-masing! Puzzle tersebut telah disusun menempati bingkainya sehingga terbentuk bangun persegi panjang seperti gambar di bawah ini

lebar

panjang

Pada kelas sebelumnya, ananda telah mempelajari tentang persegi panjang dan luasnya. Persegi panjang terdiri dari 2 pasang sisi yang sejajar yakni 2 sisi  ……  dan 2 sisi ……

Hal-hal yang perlu ananda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Ukurlah dengan penggaris panjang dan lebar persegi panjang tersebut!

Panjang = …… cm

Lebar =…… cm

  1. Lepaslah susunan puzzle yang ada pada bingkai persegi panjang tersebut kemudian susunlah semua puzzle yang ada pada bingkai layang-layang yang terdapat di bawahnya. Ukurlah panjang masing-masing diagonal layang-layang tersebut!

Panjang diagonal 1 =………. cm

Panjang diagonal 2 =………. cm

(Diagonal 1 merupakan diagonal terpanjang dari layang-layang)

Dari hasil pengukuran yang ananda lakukan, dapat dilihat bahwa :

Sisi panjang pada persegi panjang = panjang ……………… pada layang-layang

Sisi lebar pada persegi panjang = ……dari panjang ………………. pada layang-layang

 

Untuk lebih memahaminya, amatilah 2 gambar bangun di bawah ini dengan seksama!!!

 

 

 

 

lebar

 

 

panjang

 

 

Jadi, kesimpulannya luas layang-layang = Luas persegi panjang

Kenapa??? Ayo sebutkan alasanmu!

…………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………….

Ayo Kita Buktikan!!!

Luas layang-layang = Luas persegi panjang

= panjang x lebar

= ………………… x …………..

= …… x diagonal 1 x diagonal 2

 

 

Atau dengan kata lain luas layang-layang dapat dicari dengan cara :

 

Luas layang-layang = (diagonal 1 x diagonal 2) : 2

 

 

 

 

 

 

 

 

Selamat!! Ananda telah dapat menemukan rumus luas mencari layang-layang

 

Dapatkah kamu menjelaskan kembali kepada teman-temanmu tentang cara menemukan luas layang-layang tersebut???

Ayo jelaskanlah di depan kelas!!!

Setelah selesai menampilkannya di depan kelas, marilah selesaikan soal-soal di bawah ini dengan cepat dan tepat!

 

1.

Jika panjang dimisalkan dengan a dan lebar dimisalkan dengan b maka :

Luas persegi panjang = …… x ……

b

a

 

 

 

 

  1. Dengan ukuran yang sama, gambar tersebut disusun sehingga menghasilkan gambar seperti di bawah ini

 

 

Jika panjang diagonal 1 dimisalkan dengan p dan panjang diagonal 2 dimisalkan dengan b, maka :

Luas layang-layang = (diagonal 1 x diagonal 2) : 2

= ( …. x ….) : 2

 

LEMBAR KERJA SISWA

(LKS – 4)

Tanggal : … November 2010

 

Nama                 : …………………………………

Kelas                  : …………………………………

 

Petunjuk Kerja   :

  1. Tulislah nama dan  kelas sebelum mulai bekerja.
  2. Sebelum mengerjakan LKS ananda diharapkan telah mempelajari bacaan yang diberikan.
  3. Kerjakan LKS pada tempat yang telah ditentukan.
  4. Setiap anggota kelompok harus membuat laporan hasil diskusi secara individu.
  5. Setelah berdiskusi wakil kelompok akan mempresentasikannya di depan kelas.
  6. Waktu yang diberikan ± 30 menit.

Ayo Mengamati!!!

Layang-layang merupakan jenis bangun datar yang memiliki 2 buah diagonal yang saling tegak lurus. Salah satu diagonal membagi dua sama panjang diagonal yang lainnya. Untuk lebih lanjut perhatikanlah gambar layang-layang di bawah ini dan lengkapi titik-titik di samping gambar!

C

Layang-layang ABCD memliki 2 buah diagonal yaitu …… dan ……

Kedua diagonal berpotongan saling tegak lurus di titik …., sehingga mengakibatkan OB = … = OC?….

Mengapa???

……………………………………………………………………………………………………………….Bagaimana dengan sisi BC dan sisi DC? Apakah sisi BC = CD? ….

Apakah sisi AB = AD? …….

D          O       B

A

Pada pertemuan sebelumnya, ananda telah mempelajari tentang cara menemukan luas layang-layang. Sekedar untuk mengingatkan :

Luas layang-layang = (diagonal 1 x diagonal 2) : 2

 

 

Contoh soal

C

Jika panjang sisi AB diketahui 13 cm dan

Panjang sisi BC = 5 cm, maka tentukanlah :

D             O          B a. Panjang sisi AD? ……… cm

b. Panjang sisi CD? ………. cm

Jika panjang diagonal AC = 16 cm, dan panjang diagonal BD = 6 cm, tentukanlah luas layang-layang ABCD!

A

 

Luas layang-layang        = (  AC x …….) : 2

= ( ……. x ……) : 2

= ……… : 2

= …….. cm2

 

Selamat!!! Ananda telah dapat menyelesaikan soal-soal tentang

bangun layang-layang

Sekarang, mari kerjakan latihan soal-soal tentang luas layang-layang berikut ini!

 

1.                                      S

Jika diketahui panjang PQ = 10 cm, panjang QR =    5 cm, panjang QS = 6 cm, panjang PR = 15 cm, dan

P                                 T             R             panjang RT = 4 cm, tentukanlah :

a.    Panjang PS

b.   Panjang SR

c.    Panjang QT

Q                        d.   Panjang ST

e.    Panjang PT

 

Jawab :

 

Panjang PS = …… cm

Panjang SR = …… cm

Panjang QT = …… cm

Panjang ST = …… = …… cm

Panjang PT = …… cm

 

 

 

 

 

2.

M                             Jika panjang diagonal KM = 26 cm dan panjang diagonal LN = 14 cm, hitunglah luas layang-layang KLMN di samping!

 

N          O              L        Jawab :

Luas layang-layang = (…… x ……) : 2

 

= …….. : 2

 

= …….. cm2

 

 

K

 

 

  1. Ari membuat layang-layang. Ari menyiapkan dua batang bambu berukuran 25 cm dan 32 cm. Bambu tersebut akan digunakan sebagai rangka. Berapa luas layang-layang yang dibuat Ari?

Jawab :

25 cm dan 32 cm merupakan panjang ……………. dari layang-layang

Luas layang-layang yang dibuat Ari = ………………………………………………

= ………………………………………………

= ………………………………………………

= ………………………………………………

 

Dapatkah kamu menjelaskan kembali kepada teman-temanmu tentang cara menyelesaikan soal-soal di atas???

Ayo jelaskanlah di depan kelas!!!

 

 

 

The end

LEMBAR KERJA SISWA

(LKS – 5)

Tanggal : … November 2010

 

Nama                 : …………………………………

Kelas                  : …………………………………

 

Petunjuk Kerja   :

  1. Tulislah nama dan  kelas sebelum mulai bekerja.
  2. Sebelum mengerjakan LKS ananda diharapkan telah mempelajari bacaan yang diberikan.
  3. Kerjakan LKS pada tempat yang telah ditentukan.
  4. Setiap anggota kelompok harus membuat laporan hasil diskusi secara individu.
  5. Setelah berdiskusi wakil kelompok akan mempresentasikannya di depan kelas.
  6. Waktu yang diberikan ± 30 menit.

 

Pernahkah ananda mengamati bangun-bangun bertingkat di sekitarmu? Berbentuk apakah bangun-bangun bertingkat itu? Ya, benar. Pada umumnya bangun-bangun bertingkat tersebut berbentuk balok. Bagaimana dengan akuarium? Berbentuk apakah akuarium tersebut? Pada umumnya akuarium juga berbentuk balok. Di kelas IV, kita juga telah mempelajari tentang balok.

Bisakah ananda menyebutkan lebih banyak lagi benda-benda di sekitarmu yang berbentuk balok? Coba sebutkan! …………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………….

 

 

 

 

Apabila akuarium diisi air sampai penuh, dapatkah kita menghitung banyak air di dalam akuarium tersebut? Jika panjang, lebar, dan tinggi akuarium diketahui, kita dapat menghitung banyak air yang berada di dalam  akuarium.

Di dalam menemukan cara menghitung volume balok kita menggunakan kubus satuan untuk membuktikannya.

 

 

 

 

 

kubus satuan

 

Mari belajar menemukan!!!

Perhatikan alat peraga berupa kubus satuan yang terdapat pada meja masing-masing kelompok. Ketika ananda menyusun kubus satuan berbentuk balok, jika balok tersebut dipisah-pisahkan, akan tampak satuan-satuan kubusnya seperti gambar di bawah ini. Berapa kubus satuan isi/volume balok tersebut?

 

 

 

 

…….. kubus satuan

 

 

 

Setelah balok tersebut dipisahkan menurut tingkatannya akan didapatkan :

  1. Pada tingkatan 1 terdapat …… kubus satuan
  2. Pada tingkatan 2 terdapat …… kubus satuan
  3. Pada tingkatan 3 terdapat …… kubus satuan

 

Jumlah kubus satuan yang dibutuhkan untuk mengisi balok tersebut dinamakan dengan volume balok.

Jadi volume balok di atas = …… kubus satuan + …… kubus satuan + …… kubus satuan

= …… kubus satuan

 

 

Atau dengan kalimat lain dapat dijelaskan dengan gambar berikut ini!

 

 

tinggi

 

lebar

panjang

Panjang balok di atas = …… kubus satuan

Lebar balok  = …… kubus satuan

Tinggi balok = …… kubus satuan

 

Coba perhatikan dengan seksama!!!

 

Ternyata volume balok diperoleh dari perkalian antara panjang, lebar, dan tinggi balok. Coba buktikan! ……………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………….

 

Maka volume balok = ………….. x ……….. x …………

= ………….. kubus satuan

 

Baiklah, untuk lebih memahami cara menentukan volume balok, ayo……. Siapa yang berani tampil ke depan kelas untuk menjelaskan cara menghitung volume balok dengan alat peraga kubus satuan?

Setelah menampilkannya di depan kelas, kerjakanlah latihan soal-soal di bawah ini!

1.                                                 Perhatikanlah gambar kubus satuan  yang disusun dalam balok di samping! Lengkapilah titik-titik yang ada di bawah ini.

Panjang balok = …… kubus satuan

Lebar balok = …… kubus satuan

Tinggi balok = …… kubus satuan

Maka volume balok di atas dapat dihitung dengan cara :

Volume balok = …… kubus satuan + …… kubus satuan + …… kubus satuan

= …… kubus satuan

 

Atau dapat dihitung dengan lain

Volume balok =  ………….. x ………… x …………..

= ………… kubus satuan

 

 

 

2.

 

 

 

t

 

 

l

p

 

 

Jika panjang balok dimisalkan dengan dengan p, lebar balok dimisalkan dengan l dan tinggi balok dimisalkan dengan t maka volume balok di atas dapat dicari dengan cara sebagai berikut :

Volume  balok = …………. x ………… x ………..

= …… x …… x ……

 

 

 

 

 

 

 

Be your self

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR KERJA SISWA

(LKS – 6)

Tanggal : … November 2010

 

Nama                 : …………………………………

Kelas                  : …………………………………

 

Petunjuk Kerja   :

  1. Tulislah nama dan  kelas sebelum mulai bekerja.
  2. Sebelum mengerjakan LKS ananda diharapkan telah mempelajari bacaan yang diberikan.
  3. Kerjakan LKS pada tempat yang telah ditentukan.
  4. Setiap anggota kelompok harus membuat laporan hasil diskusi secara individu.
  5. Setelah berdiskusi wakil kelompok akan mempresentasikannya di depan kelas.
  6. Waktu yang diberikan ± 30 menit.

MATERI

Ingat dan lengkapilah!!!

Pada kelas sebelumnya, ananda telah mempelajari bahwasanya pada balok terdapat …. buah sisi, …. buah titik sudut, dan ….  buah rusuk. 4 buah rusuk pada balok sama panjangnya seperti gambar di bawah ini!

 

 

5 cm

 

2 cm

3 cm

Volume balok = panjang x lebar x tinggi

= ….. x …… x …..

= ……. cm3

 

 

Ayo selesaikan soal yang lain!

 

 

10 cm

 

 

8 cm

12 cm

Volume balok di atas = panjang x ……………… x ……………

= ………… x ………… x ………

= ……… cm3

 

 

Bagaimana jika soal yang akan diselesaikan dalam bentuk pemecahan masalah

(soal cerita)???

Mari Berlatih!!!

Sebuah batu bata berbentuk balok. Batu bata itu memiliki panjang 20 cm, lebar 8 cm, dan tinggi 6 cm. Berapa volume batu bata tersebut?

Jawab :

Karena batu bata berbentuk balok, maka :

Volume batu bata = volume …………….

Volume batu bata = p x l x t

= ……… x ……… x …….

= ………… cm3

Kerjakanlah soal-soal latihan di bawah ini!

1.

 

7 cm

 

4 cm

12 cm

 

Hitunglah volume balok di atas!

Volume balok = ……….. x …….. x ………..

=  … x ….. x ……

= …… cm3

  1. Sebuah kotak coklat berbentuk balok mempunyai panjang 16 cm, lebar 10 cm, dan tinggi 5 cm. Berapakah volume kotak coklat tersebut?

Jawab :

Karena kotak coklat berbentuk balok maka mencari volume kotak coklat = volume balok.

Volume  kotak coklat = ……….. x ……… x ………

= ….. x …… x……

= …… cm3

 

 

Dapatkah kamu menjelaskan kembali kepada teman-temanmu tentang cara menyelesaikan soal-soal di atas???

Ayo jelaskanlah di depan kelas!!!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Be success

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR KERJA SISWA

(LKS – 7)

Tanggal : … November 2010

 

 

 

 

Nama                 : …………………………………

Kelas                  : …………………………………

 

Petunjuk Kerja :

  1. Tulislah nama dan  kelas sebelum mulai bekerja.
  2. Sebelum mengerjakan LKS ananda diharapkan telah mempelajari bacaan yang diberikan.
  3. Kerjakan LKS pada tempat yang telah ditentukan.
  4. Setiap anggota kelompok harus membuat laporan hasil diskusi secara individu.
  5. Setelah berdiskusi wakil kelompok akan mempresentasikannya di depan kelas.
  6. Waktu yang diberikan ± 30 menit.

 

Ananda pasti sering melihat benda-benda disekitar kita yang tanpa ananda sadari benda tersebut adalah bahagian dari pelajaran matematika di sekolah. Ananda pasti pernah melihat Bak Mandi, kotak kapur, dan masih banyak benda lainnya di sekitar kita. Tahukah ananda bahwa dengan Matematika kita bisa menghitung isi sebuah bak mandi tanpa harus menimbanya terlebih dahulu???,,,Menakjubkan bukan??? Oleh karena itu pada hari ini kita akan jelajahi dunia matematika untuk mengungkap bagaimana Cara kita menentukan Volume (isi) sebuah kubus hanya dengan mengetahui panjang sisi-sisinya.

 

Selamat bekerja bersama kelompokmu dan ikuti langkah-langkah kerja berikut:

  1. Pada kertas karton yang telah ananda miliki pada masing kelompok buatlah jaring-jaring kubus sebanyak 10 buah yang sisi-sisinya berukuran 3 cm.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Jaring-jaring kubus tersebut kemudian gunting dan mulailah membuat beberapa kubus kecil.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Ananda akan membagi kubus-kubus kecil ini menjadi 3 bagian yang jumlahnya berbeda, Dengan ketentuan langkah kerja Sebagai berikut :
    1. Susunlah kubus-kubus kecil itu dengan rapat dan tanpa celah sehingga terbentuk sebuah kubus besar dengan ukuran panjang nya sebanyak 2 kubus satuan,

Lebarnya 2 kubus satuan dan tingginya 2 kubus satuan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Susunlah kubus-kubus kecil itu dengan rapat dan tanpa celah sehingga terbentuk sebuah kubus besar dengan ukuran panjang nya sebanyak 3 kubus satuan, Lebarnya 3 kubus satuan dan tingginya 3 kubus satuan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Susunlah kubus-kubus kecil itu dengan rapat dan tanpa celah sehingga terbentuk sebuah kubus besar dengan ukuran panjang nya sebanyak 4 kubus satuan, Lebarnya 4 kubus satuan dan tingginya 4 kubus satuan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Dari rangkaian kegiatan yang telah ananda kerjakan tadi, maka marilah menyimpulkan Hubungan antara Volume kubus besar dengan banyaknya kubus satuan yang menyusun kubus besar itu, Lakukanlah langkah-langkah berikut :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dari rangkaian kegiatan yang telah ananda kerjakan bersama kelompokmu, sebagai tahap akhir marilah kita menyimpulkan bagaimana sesungguhnya rumus untuk mencari sebuah Volume Kubus :

 

 

 

Volume Kubus     = panjang x lebar x tinggi

 

 

 

 

 

 

Oleh karena itu,

maka dapat Kita simpulkan bahwa :

Volume Kubus  = panjang x lebar x …..

= sisi        x . . . .  x sisi

 

 

Contoh Soal :

  1. Pak Andi akan mengisi aquariumnya yang berbentuk kubus dengan air, berapa Volume aquariumnya jika panjang sisi-sisi aquariumnya 2m ?

Jawab : Volume Aquarium = sisi x sisi x sisi

= 2m x . . .  x . . .

= ….. m3 (dibaca meter kubik)

Jadi banyak air yang harus diisi Pak Andi kedalam aquariumnya adalah : ….m3

Mudah bukan ananda???,,,

Lain kali kita bertemu lagi di jelajahi dunia Matematika berikutnya. Dengan Matematika kita jelajahi dunia.

LEMBAR KERJA SISWA

(LKS – 8)

Tanggal : … November 2010

 

 

 

 

Nama                 : …………………………………

Kelas                  : …………………………………

 

Petunjuk Kerja :

  1. Tulislah nama dan  kelas sebelum mulai bekerja.
  2. Sebelum mengerjakan LKS ananda diharapkan telah mempelajari bacaan yang diberikan.
  3. Kerjakan LKS pada tempat yang telah ditentukan.
  4. Setiap anggota kelompok harus membuat laporan hasil diskusi secara individu.
  5. Setelah berdiskusi wakil kelompok akan mempresentasikannya di depan kelas.
  6. Waktu yang diberikan ± 30 menit.

 

Pada pertemuan sebelumnya, ananda telah mengungkap bagaimana menemukan volume kubus dan menghubungkannya dari volume balok. Masih ingat bukan???

 

 

 

 

 

 

Sekarang ananda akan mencoba memecahkanbebrapa masalah bersama kelompokmu yang berkaitan dengan volume balok. Ananda siap????,,,,,Mari kita mulai!!!!

Kerjakanlah soal-soal berikut dengan teliti !

  1. Jawaban :

    Volume kubus             = …. . . x …. . x … .

    = . . .cmx . .cmx .. cm

    = ……. Cm3

    Jadi Volume Kubus adalah : ….. cm3

    Kubus disamping panjang sisi-sisinya 8cm, Hitunglah berapa Volume kubus tersebut!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Petugas Tempat wisata MIFAN akan mengisi air kolam renang yang baru saja mereka bersihkan, jika kolam renang tersebut berbentuk kubus dan panjang sisi-sisinya 9m, maka Hitunglah banyak air yang harus dialirkan ke dalam kolam itu sehingga kolam itu bisa penuh lagi!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Tante Ana membeli sebuah tempat gula dari kaca yang berbentuk kubus, Jika sisi tempat gula itu berukuran 11 cm, maka berapa banyak gula yang bias dimuat dalam wadah itu ?

Jawaban : Karena tempat gula itu berbentuk kubus, maka untuk menghitung banyak gula yang bias dimuat kedalamnya adalah dengan menghitung Volume kubus, Volume Kubus            = ….. x ….. x …..

= ….. x ….. x …..

= ………..

Jadi banyak gula yang bias dimasukkan dalam wadah itu adalah : …… cm3

 

Dapatkah Ananda menjelaskan kepada teman-temanmu di depan kelas???

Ananda pasti bisa,,,,

Ayo belajar untuk menjelaskan di depan kelas pada seluruh teman-temanmu.

 

 

 

 

 

 

LEMBAR KERJA SISWA

(LKS – 9)

Tanggal : … November 2010

 

Nama                 : …………………………………

Kelas                  : …………………………………

Petunjuk Kerja   :

  1. Tulislah nama dan  kelas sebelum mulai bekerja.
  2. Sebelum mengerjakan LKS ananda diharapkan telah mempelajari bacaan yang diberikan.
  3. Kerjakan LKS pada tempat yang telah ditentukan.
  4. Setiap anggota kelompok harus membuat laporan hasil diskusi secara individu.
  5. Setelah berdiskusi wakil kelompok akan mempresentasikannya di depan kelas.
  6. Waktu yang diberikan ± 30 menit.

MATERI

Ingat dan lengkapilah!!!

Pada pertemuan sebelumnya, ananda telah diperkenalkan cara mencari volume kubus dan balok. Bagaimana jika bangun yang akan kita cari volumenya merupakan gabungan dari kubus dan balok?

Mari Bekerja!!!

Jika diketahui sutu bangun seperti gambar di bawah ini, tentukanlah volume bangun! 4 cm

 

4 cm

5 cm

4 cm

 

4 cm

12 cm

Jawab :

Bangun di atas terdiri dari 2 bangun ruang yakni …………… dan ………

Kedua bangun ruang diberi nomor seperti gambar di bawah ini!

4 cm

 

I

4 cm

II

4 cm

4 cm

12 cm

Volume bangun I = volume …………….

= ……… x ……… x ………

= ……… cm3

Volume bangun II    = volume …………….

= ……… x ……… x ………

= ……… cm3

Volume bangun di atas = volume bangun I + volume bangun II

= ………… cm3 + ………… cm3

= ………… cm3

 

Dapatkah kamu menjelaskan kembali kepada teman-temanmu tentang cara menyelesaikan soal-soal di atas???

Ayo jelaskanlah di depan kelas!!!

 

 

 

 

 

 

 

Bagaimana dengan contoh soal yang lain???

Ayo selesaikan!!!

5 cm

 

5 cm

 

 

3 cm

 

 

2 cm

15 cm

 

Volume bangun I = volume …………….

= ……… x ……… x ………

= ……… cm3

Volume bangun II    = volume …………….

= ……… x ……… x ………

= ……… cm3

Volume bangun di atas = volume bangun I + volume bangun II

= ………… cm3 + ………… cm3

= ………… cm3

Bisa Kan???

Bagaimana dengan contoh soal  berikut ini???

3 cm                                      3cm

 

 

 

5 cm

8 cm

 

 

 

 

4 cm

16 cm

Sebuah bangunan  terbentuk dari gabungan kubus dan balok seperti gambar di atas. Tentukanlah volume bangunan tersebut!

Volume bangun I = volume …………….

= ……… x ……… x ………

= ……… cm3

Volume bangun II    = volume …………….

= ……… x ……… x ………

= ……… cm3

Volume bangun III   = volume …………….

= ……… x ……… x ………

= ……… cm3

Volume bangunan = volume bangun I + volume bangun II+ volume bangun III

= ………… cm3 + ………… cm3 + …………. cm3

= ………… cm3

Dapatkah kamu menjelaskan kembali kepada teman-temanmu tentang cara menyelesaikan soal-soal di atas???

Ayo jelaskanlah di depan kelas!!!

 

 

 

 

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s