RPP KOOPERATIF

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP-1 )

Nama Sekolah : SD

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/Semester : V/1

Pertemuan Ke : I (satu)

Alokasi Waktu               :       2 x 35 menit

  1. A. Standar Kompetensi

Menghitung Luas Bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan   masalah

 

  1. B. Kompetensi Dasar
  2. Menghitung luas trapesium dan layang-layang
  3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar

 

  1. C. Indikator

Menemukan rumus luas trapesium

 

D. Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menemukan rumus luas trapezium

 

  1. E. Sumber Belajar
    1. Hand Out / Bacaan
    2. Buku Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas V Penerbit Erlangga
    3. Buku Gemar Matematika 5 Penerbit Pusat Perbukuan Depdiknas
    4. Buku Terampil Matematika 5 Penerbit Yudistira
    5. Lembar Kerja Siswa (LKS-1)

 

 

F.   Alat dan bahan

1.   Kertas grafik

2.   Gunting

3.   Penggaris

 

  1. G. Kegiatan Pembelajaran
  2. Model Pembelajaran               : Kooperatif
  3. Tipe                                         : STAD
  4. Skenario Pembelajaran            :

 

  1. a. Pendahuluan (10 menit)

Fase 1 : Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa

1)      Dengan menggunakan alat peraga, ananda nanti dapat menemukan sendiri bagaimana mencari luas trapesium

2)      Guru memperkenalkan penggunaan bangun trapesium dalam model bentuk atap rumah, teras dan gedung perkantoran. Guru menampilkan gambar tersebut pada sebuah kertas.

 

  1. b. Kegiatan Inti (50 menit)

Fase 2 : Menyajikan informasi

Dalam pertemuan kali ini, kita akan mempelajari tentang bagaimana menemukan rumus luas trapesium. Dalam bacaan ananda telah diketahui bahwa trapesium terdiri dari tiga jenis yaitu trapesium siku-siku, trapesium sama kaki, dan trapesium sebarang.

 

Fase 3 : Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar

(Siswa telah dibagi ke dalam kelompok yang masing-masing terdiri atas 4 sampai 6 orang siswa dan pembagian ini berdasarkan kemampuan akademik siswa)

1)      Masing-masing perwakilan kelompok (1 orang) diminta untuk menjemput alat peraga ke depan kelas.

2)      Guru membagikan LKS-1 kepada setiap siswa.

 

Fase 4 : Membimbing kelompok bekerja dan belajar

1)      Siswa diminta untuk memahami tugas-tugas yang harus mereka kerjakan

2)      Guru memberikan aba-aba kepada siswa untuk mulai berdiskusi

3)      Guru membimbing siswa berdiskusi pada masing-masing kelompok.

 

Fase 5 : Evaluasi

1)      Wakil kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kerja mereka sedangkan kelompok lain menanggapinya

2)      Guru memandu jalannya diskusi dan mengarahkan siswa untuk merumuskan jawaban yang benar.

 

Fase 6 : Memberikan penghargaan

Siswa diberikan penghargaan atas hasil kerja kelompok mereka.

 

  1. c. Penutup (10 menit)

1)      Guru membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru dipelajari

2)      Sebelum pembelajaran ditutup siswa diberi kuis singkat untuk melihat tingkat pemahaman mereka

3)      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal-soal.

 

H.  Penilaian

 

Teknik                       :     Tes lisan dan tes tulisan

Bentuk Instrumen     :     Kuis, Isian dan Tugas

 

Contoh instrumen :

 

 

 

                 
                 
                 
                 
                 
                 
                 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP-2 )

Nama Sekolah : SD Negeri 14 Bukit Surungan

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/Semester : V/1

Pertemuan Ke : II (dua)

Alokasi Waktu               :       2 x 35 menit

  1. A. Standar Kompetensi

Menghitung Luas Bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan   masalah

 

  1. B. Kompetensi Dasar
    1. Menghitung luas trapesium dan layang-layang

b. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar

 

  1. C. Indikator

a. Menentukan luas trapesium dengan menggunakan rumus

b. Memecahkan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan luas trapesium

 

D. Tujuan Pembelajaran

a.  Siswa dapat menentukan rumus luas trapesium dengan menggunakan rumus

b. Siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan luas trapesium

 

E. Sumber Belajar

a. Hand Out / Bacaan

b. Buku Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas V Penerbit Erlangga

c. Buku Gemar Matematika 5 Penerbit Pusat Perbukuan Depdiknas

d. Buku Terampil Matematika 5 Penerbit Yudistira

e. Lembar Kerja Siswa (LKS-2)

 

F.   Alat dan bahan

G.  Kegiatan Pembelajaran

1.   Model Pembelajaran               : Kooperatif

2.   Tipe                                         : STAD

3.   Skenario Pembelajaran            :

 

a. Pendahuluan (10 menit)

Fase 1 : Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa

1)      Tujuan pembelajaran kita kali ini adalah, bagaimana menerapkan rumus luas trapesium untuk menyelesaikan soal-soal berupa gambar trapseium dengan berbagai macam bentuk dan ukuran. Juga ananda dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan luas trapesium

2)      Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai hal-hal yang berkaitan dengan trapesium. Mulai dari sisi atas, sisi alas, tinggi dan bagaimana mencari luas trapezium

 

b. Kegiatan Inti (50 menit)

Fase 2 : Menyajikan informasi

Pertemuan sebelumnya, ananda telah dapat menentukan bagaimana menemukan rumus luas trapesium dengan menggunakan alat peraga. Dapat kita simpulkan bahwa rumus luas trapesium adalah

Luas =

Fase 3 : Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar

(Siswa telah dibagi ke dalam kelompok yang masing-masing terdiri atas 4 sampai 6 orang siswa dan pembagian ini berdasarkan kemampuan akademik siswa)

1)   Masing-masing perwakilan kelompok (1 orang) diminta untuk menjemput LKS-2 untuk dibagikan dalam kelompoknya masing-masing

2)   Guru menghimbau kepada seluruh siswa untuk dapat bekerjasama dan bersungguh-sungguh untuk menjawab setiap soal yang ada dalam LKS-2

 

Fase 4 : Membimbing kelompok bekerja dan belajar

1)   Siswa diminta untuk memahami tugas-tugas yang harus mereka kerjakan

2)   Guru memberikan aba-aba kepada siswa untuk mulai berdiskusi

3)   Guru membimbing siswa berdiskusi pada masing-masing kelompok.

 

Fase 5 : Evaluasi

1) Wakil kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kerja mereka sedangkan kelompok lain menanggapinya

2)   Guru memandu jalannya diskusi dan mengarahkan siswa untuk merumuskan jawaban yang benar.

 

Fase 6 : Memberikan penghargaan

Siswa diberikan penghargaan atas hasil kerja kelompok mereka.

 

 

 

c. Penutup (10 menit)

1)   Guru membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru dipelajari

2)   Sebelum pembelajaran ditutup siswa diberi kuis singkat untuk melihat tingkat pemahaman mereka

3)      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal-soal.

 

H.  Penilaian

 

Teknik                       :     Tes lisan dan tes tulisan

Bentuk Instrumen     :     Kuis, Isian dan Tugas

 

Contoh instrumen :

 

Kerjakan soal-soal di bawah ini !

 

 

 

 

1.

 

 

 

 

 

 

 

2.     Sebuah permukaan meja berbentuk trapesium dengan ukuran panjang sisi yang sejajar yaitu 130 cm dan 100 cm dengan tinggi 40 cm. Meja tersebut akan ditutupi dengan sebuah taplak. Berapa cm2 luas taplak meja yang dibutuhkan ?

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP-3 )

Nama Sekolah : SD Negeri 14 Bukit Surungan

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/Semester : V/1

Pertemuan Ke : III (tiga)

Alokasi Waktu               :       2 x 35 menit

A.  Standar Kompetensi

Menghitung Luas Bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan   masalah

 

B.  Kompetensi Dasar

a. Menghitung luas trapesium dan layang-layang

b. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar

 

C.  Indikator

Menemukan rumus luas layang-layang

 

D. Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menemukan rumus luas layang-layang

 

E.  Sumber Belajar

a. Hand Out / Bacaan

b. Buku Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas V Penerbit Erlangga

c. Buku Gemar Matematika 5 Penerbit Pusat Perbukuan Depdiknas

d. Buku Terampil Matematika 5 Penerbit Yudistira

e. Lembar Kerja Siswa (LKS-3)

 

 

F.   Alat dan bahan

1.   Karton tebal

2.   Papan gabus

3.   Penggaris

4.   Lem

 

G. Kegiatan Pembelajaran

1.   Model Pembelajaran               : Kooperatif

2.   Tipe                                         : STAD

3.   Skenario Pembelajaran            :

 

a.   Pendahuluan (10 menit)

Fase 1 : Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa

1)   Untuk pertemuan kali ini, ananda akan menggunakan alat peraga yang telah disediakan untuk mencari rumus luas layang-layang

2)   Guru bertanya kepada siswa yang laki-laki, adakah diantara ananda yang hobi bermain layang-layang? Bagaimana bentuk layang-layang tersebut?. Guru juga memberikan beberapa contoh bangun layang-layang. Guru menampilkan gambar tersebut pada sebuah karton.

 

b.   Kegiatan Inti (50 menit)

Fase 2 : Menyajikan informasi

Layang-layang biasanya banyak di mainkan oleh ananda yang laki-laki. Ada laying-layang yang berukuran kecil, sedang, dan besar. Bahkan ada yang mengadakan perlombaan layang-layang

 

 

Fase 3 : Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar

(Siswa telah dibagi ke dalam kelompok yang masing-masing terdiri atas 4 sampai 6 orang siswa dan pembagian ini berdasarkan kemampuan akademik siswa)

1)   Masing-masing perwakilan kelompok (1 orang) diminta untuk menjemput alat peraga ke depan kelas.

2)   Guru membagikan LKS-3 kepada setiap siswa.

 

Fase 4 : Membimbing kelompok bekerja dan belajar

1)   Siswa diminta untuk memahami tugas-tugas yang harus mereka kerjakan

2)   Guru memberikan aba-aba kepada siswa untuk mulai berdiskusi

3)   Guru membimbing siswa berdiskusi pada masing-masing kelompok.

 

Fase 5 : Evaluasi

1)   Wakil kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kerja mereka sedangkan kelompok lain menanggapinya

2)   Guru memandu jalannya diskusi dan mengarahkan siswa untuk merumuskan jawaban yang benar.

 

Fase 6 : Memberikan penghargaan

Siswa diberikan penghargaan atas hasil kerja kelompok mereka.

 

c.   Penutup (10 menit)

1)   Guru membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru dipelajari

2)   Sebelum pembelajaran ditutup siswa diberi kuis singkat untuk melihat tingkat pemahaman mereka

3)   Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal-soal.

 

H.  Penilaian

 

Teknik                       :     Tes lisan dan tes tulisan

Bentuk Instrumen     :     Kuis, Isian dan Tugas

 

Contoh instrumen :

 

 

 

 

                         
                         
                         
                         
                         
                         

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP-4 )

Nama Sekolah : SD Negeri 14 Bukit Surungan

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/Semester : V/1

Pertemuan Ke : IV (empat)

Alokasi Waktu               :       2 x 35 menit

A.  Standar Kompetensi

Menghitung Luas Bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan   masalah

 

B.  Kompetensi Dasar

a. Menghitung luas trapesium dan layang-layang

b. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar

 

C.          Indikator

a. Menentukan luas layang-layang dengan menggunakan rumus

b. Memecahkan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan luas layang-layang

 

D. Tujuan Pembelajaran

a.  Siswa dapat menentukan luas layang-layang dengan menggunakan rumus

b. Siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan luas layang-layang.

 

E. Sumber Belajar

a. Hand Out / Bacaan

b. Buku Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas V Penerbit Erlangga

c. Buku Gemar Matematika 5 Penerbit Pusat Perbukuan Depdiknas

d. Buku Terampil Matematika 5 Penerbit Yudistira

e. Lembar Kerja Siswa (LKS-4)

 

F.   Alat dan bahan

G. Kegiatan Pembelajaran

1.   Model Pembelajaran               : Kooperatif

2.   Tipe                                         : STAD

3.   Skenario Pembelajaran            :

 

 

a. Pendahuluan (10 menit)

Fase 1 : Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa

1)   Setelah kita menemukan bagaimana cara mencari rumus luas layang-layang, sekarang kita akan mencoba untuk mencari luas layang-layang dengan berbagai macam ukuran yang berbeda dengan menggunakan rumus

2)   Siapa diantara ananda yang dapat menyebutkan rumus mencari luas layang-layang? Jadi, kalau ada diantara ananda yang mempunyai layang-layang di rumah, maka nanti ananda akan dapat menentukan luas layang-layang tersebut!

 

b. Kegiatan Inti (50 menit)

Fase 2 : Menyajikan informasi

Setelah kita berhasil menemukan rumus mencari luas layang-layang, sekarang kita akan mencoba untuk menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan cara mencari luas layang-layang. Seperti yang ananda ketahui bahwa rumus untuk mencari luas layang-layang adalah

 

 

Luas = ½ x diagonal 1 x diagonal 2

 

Fase 3 : Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar

(Siswa telah dibagi ke dalam kelompok yang masing-masing terdiri atas 4 sampai 6 orang siswa dan pembagian ini berdasarkan kemampuan akademik siswa)

1)   Masing-masing perwakilan kelompok (1 orang) diminta untuk menjemput LKS-2 untuk dibagikan dalam kelompoknya masing-masing

2)   Guru menghimbau kepada seluruh siswa untuk dapat bekerjasama dan bersungguh-sungguh untuk menjawab setiap soal yang ada dalam LKS-4

 

Fase 4 : Membimbing kelompok bekerja dan belajar

1)   Siswa diminta untuk memahami tugas-tugas yang harus mereka kerjakan

2)   Guru memberikan aba-aba kepada siswa untuk mulai berdiskusi

3)   Guru membimbing siswa berdiskusi pada masing-masing kelompok.

 

Fase 5 : Evaluasi

1) Wakil kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kerja mereka sedangkan kelompok lain menanggapinya

2)   Guru memandu jalannya diskusi dan mengarahkan siswa untuk merumuskan jawaban yang benar.

 

Fase 6 : Memberikan penghargaan

Siswa diberikan penghargaan atas hasil kerja kelompok mereka.

c. Penutup (10 menit)

1)   Guru membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru dipelajari

2)   Sebelum pembelajaran ditutup siswa diberi kuis singkat untuk melihat tingkat pemahaman mereka

3)   Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal-soal.

 

H.  Penilaian

 

Teknik                       :     Tes lisan dan tes tulisan

Bentuk Instrumen     :     Kuis, Isian dan Tugas

 

Contoh instrumen :

 

1.

 

 

16 cm

 

20 cm

Luas layang-layang disamping                            adalah !

 

 

 

 

 

2.     Zidan ingin membuat sebuah layang-layang untuk dimainkan bersama teman-temannya. Zidan berencana akan membungkus layang-layang tersebut dengan kertas minyak berwarna merah. Layang-layang tersebut memiliki diagonal masing-masing 60 cm dan 30 cm. Berapakah luas kertas minyak yang diperlukan oleh Zidan untuk melapisi layang-layang tersebut?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP-5 )

Nama Sekolah : SD Negeri 14 Bukit Surungan

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/Semester : V/1

Pertemuan Ke :       V (lima)

Alokasi Waktu               :       2 x 35 menit

A.  Standar Kompetensi

Menghitung volume balok dan kubus serta menggunakannya dalam pemecahan masalah

 

B.  Kompetensi Dasar

a. Menghitung volume balok dan kubus

b. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume balok dan kubus

 

C. Indikator

Menentukan rumus mencari volume balok

 

D. Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menentukan rumus mencari volume balok

 

E. Sumber Belajar

a. Hand Out / Bacaan

b. Buku Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas V Penerbit Erlangga

c. Buku Gemar Matematika 5 Penerbit Pusat Perbukuan Depdiknas

d. Buku Terampil Matematika 5 Penerbit Yudistira

e. Lembar Kerja Siswa (LKS-5)

 

 

F.   Alat dan bahan

Kubus Satuan

 

G. Kegiatan Pembelajaran

1.   Model Pembelajaran               : Kooperatif

2.   Tipe                                         : STAD

3.   Skenario Pembelajaran            :

 

a. Pendahuluan (10 menit)

Fase 1 : Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa

1)   Dengan menggunakan alat peraga kubus satuan nantinya, ananda diharapkan dapat menentukan rumus mencari volume balok

2)   Dalam  bacaan ananda, telah diketahui bahwasanya isi dari suatu benda merupakan volume dari benda tersebut! Dalam kehidupan sehari-hari, banyak kita menemukan contoh benda-benda yang berbentuk balok. Misalnya bak mandi, kardus, lemari, kotak pensil, dan lain sebagainya. Kalau kita jumpai benda-benda seperti ini, dapatkah kita menentukan volume benda tersebut?

 

b. Kegiatan Inti (50 menit)

Fase 2 : Menyajikan informasi

Dalam kehidupan kita sehari-hari, banyak kita menemukan benda-benda yang berbentuk balok. Misalnya bak mandi, kardus, lemari, kotak pensil, dan lain sebagainya. Kalau kita jumpai benda-benda seperti ini, dapatkah kita menentukan volume atau isi benda –benda tersebut?

 

 

Fase 3 : Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar

(Siswa telah dibagi ke dalam kelompok yang masing-masing terdiri atas 4 sampai 6 orang siswa dan pembagian ini berdasarkan kemampuan akademik siswa)

1)   Guru meminta perwakilan anggota kelompok (1orang) untuk menjemput alat peraga ke depan kelas.

2)   Guru menghimbau kepada seluruh siswa untuk dapat bekerjasama dan bersungguh-sungguh untuk menjawab setiap soal yang ada dalam LKS-5

 

Fase 4 : Membimbing kelompok bekerja dan belajar

1)   Siswa diminta untuk memahami tugas-tugas yang harus mereka kerjakan

2)   Guru memberikan aba-aba kepada siswa untuk mulai berdiskusi

3)   Guru membimbing siswa berdiskusi pada masing-masing kelompok.

 

 

Fase 5 : Evaluasi

1) Wakil kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kerja mereka sedangkan kelompok lain menanggapinya

2)   Guru memandu jalannya diskusi dan mengarahkan siswa untuk merumuskan jawaban yang benar.

 

Fase 6 : Memberikan penghargaan

Siswa diberikan penghargaan atas hasil kerja kelompok mereka.

 

c. Penutup (10 menit)

1)   Guru membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru dipelajari

2)   Sebelum pembelajaran ditutup siswa diberi kuis singkat untuk melihat tingkat pemahaman mereka

3)  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal-soal.

 

 

H.  Penilaian

 

Teknik                       :     Tes lisan dan tes tulisan

Bentuk Instrumen     :     Kuis, Isian dan Tugas

Contoh instrumen :

H

G

                                               
                                               
                                               
                                               
                                               
   

E

             

F

                         
               

D

           

C

               
                                               
                                               
                                               
                                               
                                               
   

A

             

B

                         
                                               

 

Panjang balok (AB) = …… satuan

Lebar balok    (BC) = …… satuan

Tinggi balok   (CG) = …… satuan

Jadi, Volume balok = panjang x ……… x tinggi

= AB x BC X CG

= 7 satuan x …… satuan x …… satuan

= …… satuan

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP-6 )

Nama Sekolah : SD Negeri 14 Bukit Surungan

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/Semester : V/1

Pertemuan Ke :       VI (enam)

Alokasi Waktu               :       2 x 35 menit

A.  Standar Kompetensi

Menghitung volume balok dan kubus serta menggunakannya dalam pemecahan masalah

 

B.  Kompetensi Dasar

a. Menghitung volume balok balok dan kubus

b. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume balok dan kubus

 

C.   Indikator

a. Menentukan volume kubus dengan menggunakan rumus

b. Memecahkan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan volume balok

 

D. Tujuan Pembelajaran

a.  Siswa dapat menentukan volume balok dengan menggunakan rumus

b. Siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan volume balok

 

E. Sumber Belajar

a. Hand Out / Bacaan

b. Buku Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas V Penerbit Erlangga

c. Buku Gemar Matematika 5 Penerbit Pusat Perbukuan Depdiknas

d. Buku Terampil Matematika 5 Penerbit Yudistira

e. Lembar Kerja Siswa (LKS-6)

 

F.   Alat dan bahan

 

G. Kegiatan Pembelajaran

1.   Model Pembelajaran               : Kooperatif

2.   Tipe                                         : STAD

3.   Skenario Pembelajaran            :

 

a. Pendahuluan (10 menit)

Fase 1 : Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa

1)   Dalam pertemuan sebelumnya, kita telah menentukan rumus volume balok. Kali ini, kita akan mencoba untuk menentukan volume balok dengan bentuk dan ukuran yang berbeda-beda

2)  Dalam bacaan ananda telah disebutkan ciri-ciri dari.Siapa diantara ananda yang bisa menyebutkan ciri-ciri balok tersebut? Siapa yang bisa memberikan contoh balok dalam kehidupan sehari-hari? Dapatkah ananda menentukan volume benda tersebut? Nah, kali ini kita akan mencari tahu bagaimana mencari volume benda-benda yang berbentuk balok tersebut!

b. Kegiatan Inti (50 menit)

Fase 2 : Menyajikan informasi

Untuk mencari volume balok, ananda mesti mengingat kembali rumus volume balok. Dalam pertemuan sebelumnya, ananda telah mengetahui bahwa volume balok rumusnya adalah

 

 

 

Volume = panjang x lebar  x tinggi

Atau

Volume = p x ℓ x t

 

 

Fase 3 : Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar

(Siswa telah dibagi ke dalam kelompok yang masing-masing terdiri atas 4 sampai 6 orang siswa dan pembagian ini berdasarkan kemampuan akademik siswa)

1)   Masing-masing perwakilan kelompok (1 orang) diminta untuk menjemput LKS-6 untuk dibagikan dalam kelompoknya masing-masing

2)   Guru menghimbau kepada seluruh siswa untuk dapat bekerjasama dan bersungguh-sungguh untuk menjawab setiap soal yang ada dalam LKS-6

 

 

Fase 4 : Membimbing kelompok bekerja dan belajar

1)   Siswa diminta untuk memahami tugas-tugas yang harus mereka kerjakan

2)   Guru memberikan aba-aba kepada siswa untuk mulai berdiskusi

3)   Guru membimbing siswa berdiskusi pada masing-masing kelompok.

 

Fase 5 : Evaluasi

1) Wakil kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kerja mereka sedangkan kelompok lain menanggapinya

2)   Guru memandu jalannya diskusi dan mengarahkan siswa untuk merumuskan jawaban yang benar.

 

Fase 6 : Memberikan penghargaan

Siswa diberikan penghargaan atas hasil kerja kelompok mereka.

 

c. Penutup (10 menit)

1)   Guru membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru dipelajari

2)   Sebelum pembelajaran ditutup siswa diberi kuis singkat untuk melihat tingkat pemahaman mereka

3)   Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal-soal.

 

H.  Penilaian

 

Teknik                       :     Tes lisan dan tes tulisan

Bentuk Instrumen     :     Kuis, Isian dan Tugas

Contoh instrumen :

1.

8 cm

Volume balok = …… !

 

4 cm

20 cm

 

2.   Sebuah bak mandi berbentuk balok memiliki panjang 6 m, lebar 3 m, dan tinggi 2 m. berapakah volume air yang dapat ditampung oleh bak mandi tersebut?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP-7 )

Nama Sekolah : SD Negeri 14 Bukit Surungan

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/Semester : V/1

Pertemuan Ke :       VII (tujuh)

Alokasi Waktu               :       2 x 35 menit

A.  Standar Kompetensi

Menghitung volume balok dan kubus serta menggunakannya dalam pemecahan masalah

 

B.  Kompetensi Dasar

a. Menghitung volume balok dan kubus

b. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume balok dan kubus

 

C. Indikator

Menentukan rumus mencari volume kubus

 

D. Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menentukan rumus mencari volume kubus

 

E.   Sumber Belajar

a. Hand Out / Bacaan

b. Buku Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas V Penerbit Erlangga

c. Buku Gemar Matematika 5 Penerbit Pusat Perbukuan Depdiknas

d. Buku Terampil Matematika 5 Penerbit Yudistira

e. Lembar Kerja Siswa (LKS-7)

 

 

F.   Alat dan bahan

a.   Karton

b.   Gunting

c.   Lem

 

G. Kegiatan Pembelajaran

1.   Model Pembelajaran               : Kooperatif

2.   Tipe                                         : STAD

3.   Skenario Pembelajaran            :

 

a. Pendahuluan (10 menit)

Fase 1 : Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa

1)   Dengan menggunakan alat peraga ananda diharapkan dapat menentukan rumus mencari volume kubus

2)   Dalam kehidupan sehari-hari, ada benda-benda yang berbentuk balok dan kubus. Adapun contoh benda di lingkungan kita yang berbentuk kubus adalah kado, dadu, kotak kapur dan lain-lain. Kira-kira, apakah perbedaan antara rumus volume balok dengan rumus volume kubus?

 

b. Kegiatan Inti (50 menit)

Fase 2 : Menyajikan informasi

Alat peraga yang ada hendaknya dapat membantu ananda supaya lebih mudah menegerti, untuk menemukan cara mencari volume kubus itu

 

 

 

 

Fase 3 : Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar

(Siswa telah dibagi ke dalam kelompok yang masing-masing terdiri atas 4 sampai 6 orang siswa dan pembagian ini berdasarkan kemampuan akademik siswa)

1)   Guru meminta perwakilan anggota kelompok (1orang) untuk menjemput alat peraga ke depan kelas.

2)   Guru menghimbau kepada seluruh siswa untuk dapat bekerjasama dan bersungguh-sungguh untuk menjawab setiap soal yang ada dalam LKS-7

 

 

Fase 4 : Membimbing kelompok bekerja dan belajar

1)   Siswa diminta untuk memahami tugas-tugas yang harus mereka kerjakan

2)   Guru memberikan aba-aba kepada siswa untuk mulai berdiskusi

3)   Guru membimbing siswa berdiskusi pada masing-masing kelompok.

 

Fase 5 : Evaluasi

1) Wakil kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kerja mereka sedangkan kelompok lain menanggapinya

2)   Guru memandu jalannya diskusi dan mengarahkan siswa untuk merumuskan jawaban yang benar.

 

Fase 6 : Memberikan penghargaan

Siswa diberikan penghargaan atas hasil kerja kelompok mereka.

 

 

 

c. Penutup (10 menit)

1)   Guru membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru dipelajari

2)   Sebelum pembelajaran ditutup siswa diberi kuis singkat untuk melihat tingkat pemahaman mereka

3)  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal-soal.

 

H.  Penilaian

 

Teknik                       :     Tes lisan dan tes tulisan

Bentuk Instrumen     :     Kuis, Isian dan Tugas

Panjang kubus (AB) = …… satuan

Lebar kubus    (BC) = …… satuan

Tinggi kubus   (CG) = …… satuan

Jadi, Volume balok :

= panjang x ……… x tinggi

= AB x BC X CG

= 7 satuan x …… satuan x …… satuan

= …… satuan

 

Contoh instrumen :

 

 

 

 

 

 

 

H

G

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP-8 )

Nama Sekolah : SD Negeri 14 Bukit Surungan

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/Semester : V/1

Pertemuan Ke :       VIII (delapan)

Alokasi Waktu               :       2 x 35 menit

A.  Standar Kompetensi

Menghitung volume balok dan kubus serta menggunakannya dalam pemecahan masalah

 

B.  Kompetensi Dasar

a. Menghitung volume balok balok dan kubus

b. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume balok dan kubus

 

C.   Indikator

a. Menentukan volume kubus dengan menggunakan rumus

b. Memecahkan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan volume kubus

 

D. Tujuan Pembelajaran

a.  Siswa dapat menentukan volume kubus dengan menggunakan rumus

b. Siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan volume kubus

 

E. Sumber Belajar

a. Hand Out / Bacaan

b. Buku Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas V Penerbit Erlangga

c. Buku Gemar Matematika 5 Penerbit Pusat Perbukuan Depdiknas

d. Buku Terampil Matematika 5 Penerbit Yudistira

e. Lembar Kerja Siswa (LKS-6)

 

F.   Alat dan bahan

 

G. Kegiatan Pembelajaran

1.   Model Pembelajaran               : Kooperatif

2.   Tipe                                         : STAD

3.   Skenario Pembelajaran            :

 

a. Pendahuluan (10 menit)

Fase 1 : Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa

1)   Sebelumnya, rumus volume balok telah kita dapatkan. Untuk itu, ananda diminta untuk dapat menentukan volume kubus dengan bentuk dan ukuran yang berbeda-beda

2)  Dengan adanya benda-benda disekitar rumah ananda yang berbentuk kubus, tentu ananda harus bisa mencari volume dari benda tersebut.

 

b. Kegiatan Inti (50 menit)

Fase 2 : Menyajikan informasi

Telah kita dapatkan bahwa, rumus mencari volume kubus adalah

 

Volume = sisi x sisi x sisi

atau

V = s x s x s

Oleh karena itu, jika gambar kubus mempunyai ukuran berbeda, ananda dharapkan mampu untuk menjawab soal-soal latihan dalam LKS dengan baik dan benar

 

Fase 3 : Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar

(Siswa telah dibagi ke dalam kelompok yang masing-masing terdiri atas 4 sampai 6 orang siswa dan pembagian ini berdasarkan kemampuan akademik siswa)

1)   Masing-masing perwakilan kelompok (1 orang) diminta untuk menjemput LKS-8 untuk dibagikan dalam kelompoknya masing-masing

2)   Guru menghimbau kepada seluruh siswa untuk dapat bekerjasama dan bersungguh-sungguh untuk menjawab setiap soal yang ada dalam LKS-8

 

Fase 4 : Membimbing kelompok bekerja dan belajar

1)   Siswa diminta untuk memahami tugas-tugas yang harus mereka kerjakan

2)   Guru memberikan aba-aba kepada siswa untuk mulai berdiskusi

3)   Guru membimbing siswa berdiskusi pada masing-masing kelompok.

 

Fase 5 : Evaluasi

1) Wakil kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kerja mereka sedangkan kelompok lain menanggapinya

2)   Guru memandu jalannya diskusi dan mengarahkan siswa untuk merumuskan jawaban yang benar.

 

 

Fase 6 : Memberikan penghargaan

Siswa diberikan penghargaan atas hasil kerja kelompok mereka.

 

c. Penutup (10 menit)

1)   Guru membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru dipelajari

2)   Sebelum pembelajaran ditutup siswa diberi kuis singkat untuk melihat tingkat pemahaman mereka

3)   Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal-soal.

 

H.  Penilaian

 

Teknik                       :     Tes lisan dan tes tulisan

Bentuk Instrumen     :     Kuis, Isian dan Tugas

Contoh instrumen :

1.

8 cm

Volume kubus = …… !

 

8 cm

8 cm

 

2.   Fatimah ingin membungkus sebuah kado untuk hadiah ulang tahun temannya. Fatimah ingin membungkus kado berbentuk kubus tersebut dengan bungkus kado berwarna pink. Panjang salah satu rusuk kado tersebut adalah 5 cm, berapakah luas bungkus kado yang diperlukan oleh Fatimah?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP-9 )

Nama Sekolah : SD Negeri 14 Bukit Surungan

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/Semester : V/1

Pertemuan Ke :       IX (sembilan)

Alokasi Waktu               :       2 x 35 menit

A.  Standar Kompetensi

Menghitung volume balok dan kubus serta menggunakannya dalam pemecahan masalah

 

B.  Kompetensi Dasar

a. Menghitung volume balok balok dan kubus

b. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume balok dan kubus

 

C.   Indikator

Menentukan hubungan volume balok dan kubus

 

D. Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menentukan hubungan volume balok dan volume kubus

 

E. Sumber Belajar

a. Hand Out / Bacaan

b. Buku Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas V Penerbit Erlangga

c. Buku Gemar Matematika 5 Penerbit Pusat Perbukuan Depdiknas

d. Buku Terampil Matematika 5 Penerbit Yudistira

e. Lembar Kerja Siswa (LKS-9)

 

F.   Alat dan bahan

 

G. Kegiatan Pembelajaran

1.   Model Pembelajaran               : Kooperatif

2.   Tipe                                         : STAD

3.   Skenario Pembelajaran            :

 

a. Pendahuluan (10 menit)

Fase 1 : Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa

1)   Untuk pertemuan kali ini, kita ananda akan mencoba untuk menentukan hubungan antara volume balok dan kubus

2)  Dengan mengetahui rumus volume balok dan kubus, ananda diharapkan juga mampu untuk menentukan volume gabungan dari balok dan kubus.

 

b. Kegiatan Inti (50 menit)

Fase 2 : Menyajikan informasi

Volume gabungan balok dan kubus yang terdapat dalam LKS-9 nantinya, ananda diminta untuk teliti dalam membedakan mana yang balok dan mana yang kubus. Sehingga dalam penentuan volume akhir, ananda tidak keliru dalam menemukan hasil jawaban yang benar.

 

Fase 3 : Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar

(Siswa telah dibagi ke dalam kelompok yang masing-masing terdiri atas 4 sampai 6 orang siswa dan pembagian ini berdasarkan kemampuan akademik siswa)

1)   Masing-masing perwakilan kelompok (1 orang) diminta untuk menjemput LKS-9 untuk dibagikan dalam kelompoknya masing-masing

2)   Guru menghimbau kepada seluruh siswa untuk dapat bekerjasama dan bersungguh-sungguh untuk menjawab setiap soal yang ada dalam LKS-9

 

Fase 4 : Membimbing kelompok bekerja dan belajar

1)   Siswa diminta untuk memahami tugas-tugas yang harus mereka kerjakan

2)   Guru memberikan aba-aba kepada siswa untuk mulai berdiskusi

3)   Guru membimbing siswa berdiskusi pada masing-masing kelompok.

 

Fase 5 : Evaluasi

1) Wakil kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kerja mereka sedangkan kelompok lain menanggapinya

2)   Guru memandu jalannya diskusi dan mengarahkan siswa untuk merumuskan jawaban yang benar.

 

Fase 6 : Memberikan penghargaan

Siswa diberikan penghargaan atas hasil kerja kelompok mereka.

 

c. Penutup (10 menit)

1)   Guru membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru dipelajari

2)   Sebelum pembelajaran ditutup siswa diberi kuis singkat untuk melihat tingkat pemahaman mereka

3)   Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal-soal.

 

 

H.  Penilaian

 

Teknik                       :     Tes lisan dan tes tulisan

Bentuk Instrumen     :     Kuis, Isian dan Tugas

Contoh instrumen :

 

Hitunglah volume gabungan bangun ruang di bawah ini !

8 m

a).

 

 

 

8 cm

6 cm

20 cm

 

6 cm

b).

 

 

 

10 cm

 

 

4cm

16 cm

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About these ads
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s